Rabu, 26 Februari 2014

Contoh BAB I Karya Ilmiah


BAB I                                                                    PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Kota Sawahlunto sebagai salah satu kota yang sedang berkembang, tentunya tidak akan bisa maju sebelum memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alamnya. Beragam pengalaman juga sangat dibutuhkan demi terwujudnya visi Kota yaitu menjadi Kota Wisata Tambang yang Berbudaya. Dengan demikian, untuk mewujudkan visi kota, pengalaman yang baru juga perlu dipelajari. Salah satunya dengan cara bersosialisasi dan penelitian yang tidak hanya dilakukan di daerah sekitar kita yang sudah dikenal namun kita juga mencakup pengalaman dan penelitian untuk mengenal daerah baru yang lebih luas walau di negara lain. Karena dengan berbagai pengalaman itu memungkinkan kita untuk berpikir kritis, kreatif dan produktif dalam pembangunan Kota Sawahlunto ke masa depan yang lebih cemerlang.
Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasikan kegiatan yang menjalin persahabatan dengan negara lain. Dalam hal ini, program “Friendship City” pertukaran pelajar Kota Sawahlunto Sumatera Barat ke Malaka yang merupakan salah satu negeri di Malaysia yang telah mendapatkan sertifikat sebagai warisan dunia ( UNESCO) dan Kuala Terengganu yang memiliki pendidikan dan pariwisata yang sangat baik.
Program ini juga sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan seseorang dan dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta sumber daya alam Kota Sawahlunto. Oleh karena itu, saya tertarik mengangkat masalah tentang “Hasil Program PPAN Siswa SMAN 1 Sawahlunto”. Dengan metode melakukan wawancara dan penelitian dari  dampak pembelajaran peserta program pertukaran pelajar ke Malaysia serta usaha mereka dalam megembangkan ilmu yang telah mereka dapatkan di Malaysia.
B.   Identifikasi Masalah
Mengetahui dampak positif dan negatif dari program PPAN ke Malaysia serta sejauhmana mereka telah mengembangkan ilmu yang telah mereka dapatkan di sana.
C.   Pembatasan Masalah
1.      Opini peserta terhadap program PPAN yang diadakan oleh pemerintah Kota Sawahluto.
2.      Kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program PPAN.
3.      Perkembangan pendidikan dan pariwisata di Malaka dan Kuala Terengganu.
4.      Manfaat yang dirasakan setelah mengikuti program PPAN.
5.      Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ilmu yang didapat dari Malaysia.

D.   Perumusan Masalah
1.      Apa pendapat anda tentang program PPAN yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto ?
2.      Kegiatan apa saja yang dilakukan selama mengikuti program PPAN ?
3.      Bagaimana keadaan pendidikan dan pariwisata di Melaka dan kuala Terengganu ?
4.      Apa manfaat yang anda rasakan setelah mengikuti program PPAN ?
5.      Upaya apa yang dan yang akan anda lakukan dalam mengembangkan ilmu yang anda dapati di Malaysia dalam menunjang visi Kota Sawahlunto ?

E.   Tujuan Program

Penelitian terhadap Program Pertukaran Pelajaran Antar Negara di Malaka dan Kuala Terengganu (Malaysia) bertujuan :
a)      Untuk mengetahui opini peserta terhadap program PPAN.
b)      Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan selama program PPAN.
c)      Untuk meneliti keberhasilan Malaysia terutama di sektor pendidikan dan pariwisata.
d)     Untuk mengetahui dampak yang dirasakan peserta setelah mengikuti program PPAN.
e)      Untuk meneliti pengembangan peserta terhadap ilmu yang mereka dapat dalam program PPAN.

F.    Manfaat
Wawancara dan penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui dampak dari program PPAN dan upaya yang akan dilakukan dalam pengembangan hasil pembelajaran yang didapat dari Malaysia.

G.  Definisi Operasional
PPAN adalah singkatan dari Pertukaran Pelajar Antar Negara. Program ini berupa study tour yang pesertanya adalah siswa-siswi SMA/SMK, utusan pemuda se-Kota Sawahlunto. Peserta yang akan mengikuti program ini akan diseleksi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kota Sawahlunto melalui sesi tertulis dalam Bahasa Inggris dan sesi wawancara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar